Pentingnya Strategi Pemasaran

  Pemasaran atau marketing memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis, tetapi sering kali pemasaran ini tidak diprioritaskan. Marketing tidaklah sama dengan jualan karena dalam marketing bukanlah hanya sekedar jualan saja. Banyak yang kurang menyadari bahwa penerapan strategi marketing yang benar akan memberikan efek yang kuat terhadap perusahaan atau bisnis yang sedang dibangun.
  Dalam dunia marketing ada beberapa hal yang dilakukan oleh marketing yaitu :
  1. Marketing berfungsi untuk mengkomunikasikan informasi produk kita ke konsumen, mulai dari kelebihan produk kita, fitur serta berbagai informasi detail tentang produk. 
  2. Marketing berfungsi untuk mengatur strategi misalnya strategi harga, strategi produk serta promosi akan menjadi senjata ampuh untuk menghadapi persaingan bisnis.
  3. Membangun merek atau brand
  4. Membangun hubungan dengan konsumen sehingga konsumen menjadi lebih loyal.
  5. Strategi marketing berperan untuk menjaga pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang. Bisnis dalam jangka panjang akan sangat ditentukan oleh kekuatan merek, kualitas produk, serta komunikasi pemasaran yang berkelanjutan
dari beberapa hal yang dilakukan diatas sangat jelas fungsi marketing sangat diperlukan jika ingin agar usaha yang kita rintis dapat bertahan dan bersaing memperebutkan hati para konsumen kita. Maka dari itu harus di siapkan yang namanya bisnis plan /marketing plan.
  1. Tentukan penjualan atau target bisnis : penentuan target ini menyangkut branding bukan hanya berapa barang yg laku dijual tetapi fokus ke branding dan kepuasan konsumen. 
  2. Buat lah anailsa tentang kondisi atau keadaan perusahaan anda  seperti kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman yang bisa kita optimalkan nanti untuk melangkah ke startegi berikutnya.
  3. Survei pesaing, lakukan penelitian terhadap pesaing apa yang kira-kira dapat kita tambahkan dari segi produk atau pelayanan terhadap nasabah.
  4. Target market yang kita tuju seperti kaum muda atau para orang tua
  5. Pengemasan produk sesuai dengan target market yang telah kita tentukan
  6. dan terahir adalah menentapkan anggaran untuk melakukan promosi baik online maupun offline. manfaatkan sosial media yang lagi trend dan teman-teman kita untuk menginfokannya kepada temannya lagi.
  Nah dari beberapa pemaparan singkat yang paling penting adalah action dan doa, teruslah berusaha dan terus mencoba berbagai racikan strategi marketing yang pas terhadap produk kita. Salam Pengusaha Muda mari bersama memajukan bangsa.